Rabu, 20 Desember 2017

Penyakit Hati Merusak Akhlak



Nama   : Safira Paramadina Ismail
Prodi    : PBS
Kelas   : B (semester I)

Penyakit Hati Merusak Akhlak
            Penyakit hati merupakan penyakit yang berasal dari hati, penyakit ini sulit dihilangkan karna kerbiasaan atau sudah memang karakter dari diri seseorang. Penyakit hari sangat berbahaya dari pada penyakit fisik, karna penyakit hati ini dapat mempengaruhi akhlak dan bisa merusak akhlak. Akhlak seseorang bisa rusak karna penyakit hatiyang dapat menjerusmuskan kita ke neraka, salah satunya yaitu Cinta Dunia. Banyak manusia yang lebih mencintai dunia yang bersifat sementara ini dibandingka Akhirat yang bersifat kekal. Bahkan manusia tidak lagi peduli lagi dengan pekerjaannya yang entah haram atau halal demi bisa mengikuti trend dari zaman ke zaman. Mereka rela mencari uang dengan cara tidak halal agar dapat terpenuhi semua keinginannya. Akhlak mereka sudah rusak, mereka tidak peduli dengan kewajibannya terhadap perintah Allah, mereka mengabaikan syariat yang telah ditentukan dalam Islam dalam mencari rezeki.
            Penyakit hati cinta dunia ini sangat banyak di temui di kalangan masyarakat. Seperti dilingkungan rumah saya sendiri contohnya. Banyak yang melakukan riba, padahal hasil dari pekerjaan riba itu haram dan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah. Tapi tidak sedikit juga orang yang melakukan perbuatan tersebut. Hal ini terjadi karna kurangnya iman kepada Allah, dan rusaknya akhlak dalam diri seseorang. Bahkan dilingkurang rumah saya riba dianggap biasa. Mungkin hal ini dianggap biasa karna maraknya pekerjaan ini dan banyak juga orang yang bergantung pada mereka yang bekerja riba. Faktanya pekerjaan haram ini memang menjanjikan bahkan membuat mereka yang melakukannya secara cepat mendapatkan banyak uang dibandingkan dengan mereka yang bekerja secara biasa. Karna terlalu cintanya manusia kepada dunia sehingga mereka menghalalkan segala cara. Cinta dunia tidak hanya merusak akhlak dan iman kita kepada Allah, cinta dunia juga membuat kita sombon. Sebab mereka ingin memamerkan segala yang mereka punya agar dapat di puji oleh manusia. Manusia yang lebih cinta terhadap dunia lebih mementingkan komentar orang lain, mereka lebih takut terlihat salah dimata manusia dibanding Allah. Padahal sesungguhnya apa yang baik menuruy manusia belum tentu baik juga menurut Allah swt.
Untuk menghilangkan penyakit hati ini kita harus selalu tanamkan rasa iman dalam diri kita sendiri. Kita juga sudah sepatutnya beriman pada hari akhir, karna beriman pada hari akhir membuat kita terhindar dari penyakit hati cinta dunia. Karna sesungguhnya dunia hanya bersifat sementara dan akhirat bersifat kekal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar