Rabu, 20 Desember 2017

HUBUNGAN AKHLAK TASAWUF DENGAN ILMU JIWA



Nama   : Nuriyah
Prodi    : PBS
Kelas   : B
HUBUNGAN AKHLAK TASAWUF DENGAN ILMU JIWA

Peletak dasar dalam islam ada 3 ;
- Akidah
- Syari'ah
- Akhlak
Saya akan lebih mengulas  peletak dasar yang ketiga yaitu tentang akhlak dan hubungannya dengan ilmu jiwa
Akhlak adalah tingkah laku yang secara akal menggambarkan perbuatan manusia
Tasawuf adalah proses penyucian diri (cara manusia bertingkah laku menuju yang lebih baik)
Ilmu jiwa adalah pengetahuan yang melekat pada diri seseorang, ilmu ini sering tampak dalam tingkah laku  seseorang dan bisa mengetahui sifat jati diri yang lebih mengarah pada aspek batin seperti akhlak.
Akhlak dibagi menjadi 2 bagian ;
1.      Akhlak baik
Tingkah laku pada diri seseorang yg mencerminkan hal baik seperti melakukan perbuatan yang berguna bagi diri sendiri maupun orang lain contoh umumnya yaitu tolong menolong dan ikut serta dalam kegiatan yang ada di sekitar masyarakat.
2.      Akhlak buruk
Tingkah laku pada seseorang yang yang sudah menjadi kebiasaan kurang baik seperti bermain gadged / android selesai sholat karna ingin mengetahui info yang ada di sosmed ntah itu dari teman atau orang lain bahkan jika sudah terlalu asyik akan lupa waktu bahkan malas melakukan pekerjaan lain.
Apa penyebab utamanya ? kurangnya kesadaran dn pengetahuan tentang akhlak, hubungan ketiganya sangat berkaitan karna manusia harus memiliki pandangan tentang akhlak dan melakukan penyucian dalam tingkah laku, psoses itu sangat dibutuhkan karna akan merubah seseorang itu  menjadi manusia yang berakhlakul karimah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar