Rabu, 20 Desember 2017

Kurangnya Kesadaran Masyarakat Terhadap Akhlak



 Nama         : Atikah Muksin
Prodi           : Perbankan Syari’ah
Kelas           : B

Kurangnya Kesadaran Masyarakat Terhadap Akhlak
Akhlak adalah suatu sifat atau tingkah laku yang tertanam dalam diri  manusia. Akhlak sangatlah mengatur tindakan dan sikap manusia di muka bumi. Akhlak baik dan akhlak buruk dari seseorang tergantung dalam didikan dari orang tua dan pengaruh lingkungan maupun pengaruh dari teman. Dalam kehidupan sehari- hari tentunya masyarakat harus di barengi dengan akhlak. Karena akhlak sangat penting untuk kehidupan sehari- hari.
Akhlak merupakan wadah yang sangat penting untuk merangkai permasalahan yang ada serta untuk melahirkan manusia yang baik. Dalam ajaran agama islam tentunya akhlak sangat di anjurkan agar sebagai umat muslim bisa mengetahui perilaku yang baik maupun perilaku yang buruk sekalipun. Pada zaman saat ini tentunya masyarakat banyak yang kurang menyadari arti penting dari sebuah akhlak, dengan adanya informasi ataupun contoh yang tidak baik mulai bermunculan seperti masyarakat yang melawan kepada orang tuanya dan tidak mempunyai akhlak yang baik. Itulah faktor yang ada di dalam lingkungan, faktor yang mengajarkan masyarakat berperilaku yang tidak baik.
Masyarakat yang enggan mengikuti penyuluhan yang berhubungan dengan akhlak  merupakan kesadaran yang sangat fatal. Akhlak sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Dalam akhlak di ajarkan untuk selalu berperilaku baik. Menurut kaca mata islam akhlak di nilai sebagian dari pada agama islam itu sendiri. Tetapi dalam islam manusia yang paling tinggi statusnya adalah manusia yang paling mulia akhlaknya dan tinggi sifat taqwanya. Namun, tida sempurna iman seorang muslim jika tidak memiliki nilai- nilai moral dan akhlak yang terpuji. Selain dari pada memahami, menghayati, mengamalkan akhlak, umat manusia di ajarkan supaya mengamalkan adab- adab mulia dalam kehidupan.
Kemudian, dari pada itu masyarakat sangat di anjurkan untuk selalu mengamalkan dan mengajarkan kepada sesama manusia agar supaya akhlak selalu di amalkan. Karena dalam kehidupan yang serba modern ini akhlak banyak yang tidak di amalkan oleh manusia. Kesadaran manusia akan pentingnya sebuah akhlak menjadikan masyarakat tidak sadar bahwa akhlak yang baik akan membawanya ke dalam kehidupan yang sangat mulia entah itu di mata Allah maupun di mata umat manusia lainnya. Kehidupan jika tidak di gunakan untuk berakhlak baik, maka akan terjerumus pada jurang kehancuran yang membuat mereka tidak akan sadar.
Pentingnya berakhlak baik sangat menjunjung tinggi perilaku manusia itu sendiri, sebagai orang tua tentunya mengajarkan anaknya supaya selalu berpegang teguh pada akhlak yang baik. Seorang anak harus selalu mengikuti dan mendengarkan nasehat- nasehat yang di berikan oleh orang tuanya, agar tidak selalu terjerumus pada jurang yang semestinya tidak di lakukan. Beramal ilmu tentang akhlak sangat membantu masyarakat untuk selalu berada pada akhlak yang baik dan selalu menaati perintah yang di anjurkan di dalam islam itu sendiri.
 Memberikan nasehat-nasehat pada orang yang belum begitu tahu dan paham arti penting dari sebuah akhlak, Itu kehidupan yang semestinya di jalankan, bukan malah kehidupan yang memberikan akhlak yang tidak terpuji. Seperti pada kenakalan remaja yang saat ini semakin marak terjadi dalam kehidupan, itu disebabkan karena mereka kurang kesadaran terhadap akhlak baik dan mereka tidak pernah memikirkan perilaku yang mereka perbuat. Hal tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran akan pentingnya sebuah akhlak yang terpuji di mata masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar