Senin, 11 Desember 2017

Hubungan Akhlak Dengan Pendidikan



Nama   : Sufyan Dendi Zain
Prodi    : Perbankan Syariah
Kelas   : B

Hubungan Akhlak Dengan Pendidikan

            Akhlak merupakan ilmu yang mempelajari tentang tata cara bersikap atau berperilaku, dengan akhlak yang baik orang tersebut akan bisa menjauhkan diri terhadap perbuatan-perbuatan yang tidak sopan/tidak baik. Karena dengan akhlak yang baik bisa membuat hubungan sesama manusia berjalan dengan baik.tetapi kita juga harus belajar ilmu tasawuf karena ilmu tasawuf suatu ilmu yang sangat penting di karenakan ilmu tasawuf merupakan ilmu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
            Pendidikan adalah adalah proses mengajar dan belajar.mengajar yaitu proses memberi ilmu/pengetahuan kepada peserta didik, sedangkan belajar adalah proses seseorang untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang pendidikan yang akan di capai. Selain itu, akhlak juga tidak lupa harus dipelajari supaya kita tidak hanya berpendidikan tetapi juga berakhlak baik. Serta juga harus mempelajari ilmu tasawuf supaya tidak hanya duniawi tetapi juga urusan akhirat juga dapat apabila ketiganya ini di gabungkan maka akan terjadi keseimbangan dalam proses kehidupan yang terjadi.
            Pendidikan dengan akhlak ini sangat penting dalam dinamika kehiduan pada zaman sekarang. karena sekarang sudah banyak orang pintar tetapi sedikit orang yang berakhlak baik. Dengan akhlak ini tidak hanya menciptakan manusia yang berpendidikan tetapi juga berakhlak baik, karena sesuatu semuanya harus seimbang. Maka dari itu kita harus belajar tentang keduanya yaitu pendidikan dan akhlak. Pendidikan dan akhlak sangat penting tetapi kita juga tidak lupa terhadap ilmu tasawuf ilmu untuk mendekatkan diri kita terhadap Allah SWT supaya terjadi keseimbangan baik akhirat maupun dunia.
            Akhlak dapat sebagai pedoman dalam hidup untuk berprilaku dan pendidikan sebagai penunjang dalam proses kehidupan yang akan di lalui karena seseorang harus berpendidikan. Karena orang harus berpendidikandan berakhlakkarena orang yang berakhlak tetapi dia juga berpendidikan itu suatu hal yang sangat baik dalam kehidupan. Sesungguhnya didalam suatu kehidupan seluruhnya berkaitan dan seluruhnya harus seimbang baik dunia maupun akhirat. Oleh karena itu dalam proses pendidikan tidak hanya mempelajari tentang ilmu umum tetapi juga mempelajari tentang ilmu islam, supaya terjadi keseimbangan dalam kehidupan. Dan tak luput juga belajar imu tasawuf yang berkenaan untuk semakin mendekatkan diri kita terhadap Allah SWT karena semuanya pada intinya saling berkaitan.jadi, dapat disimpulkan bahwa semuanya di dalam kehidupan sangatlah penting serta berkaitan dan semuanya harus seimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar