Rabu, 20 Desember 2017

Minimnya Akhlak Terpuji Akibat Media Sosial

Nama   : Ela Fantika Yuniar
Prodi   : Perbankan Syari’ah
Kelas   : B
Minimnya Akhlak Terpuji Akibat Media Sosial
       Seperti yang kita ketahui bahwa dunia ini sekarang sudah semakin maju dengan adanya tekhnologi tekhnologi yang semakin canggih. Tidak seperti dulu yang apa-apa serba susah,sekarang semuanya serba mudah dan praktis. Dengan kemajuan tekhnologi yang semakin canggih ini seharusnya manusia bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin,tetapi malah sebaiknya. Masyarakat justru menyalahgunakan tekhnologi yang ada saat ini. Yang seharusnya bermanfaat bagi kehidupan justru malah membawa pengaruh buruk bagi kehidupan manusia. Bagi masyarakat sekarang,tekhnologi dan media sosial sudah menjadi kebiasaan setiap hari terutama bagi kalangan anak muda.

       Ada sebagian anak muda yang memanfaatkan tekhnologi dan media sosial ini dengan positif,tetapi banyak juga yang memanfaatkannya untuk hal yang negatif. Sudah banyak kejadian yang di akibatkan oleh media sosial ini seperti,penipuan,adanya situs porno yang justru membawa pengaruh buruk terutama bagi anak dibawah umur. Ada juga yang memanfaatkan media sosial ini untuk menjual barang haram seperti narkoba. Dengan adanya media sosial ini,para penjual barang haram akan lebih mudah melakukan aksinya. Namun kemajuan tekhnolgi tidak hanya membawa hal negatif saja, banyak hal positif yang dapat di ambil dari media sosial ini.
      
 Dengan adanya media sosial, untuk mencari informasi akan lebih mudah. Dan masih banyak lagi hal positif yang dapat kita ambil. Kemajuan tekhnologi terutama di media sosial,dapat mempengaruhi iman dan akhlak seseorang. Penyebabkan karna tersebarnya situs situs dan hal-hal negatif laiinnya di media sosial. Kebanyakan manusia sekarang  lebih cenderung pada urusan dunia sehingga lupa dengan urusan agamanya, sehingga iman dan akhlak yang terpuji semakin berkurang di era modern ini. Untuk itu perlu di ajarkan mengenai akhlak dan agama kepada generasi muda mulai sejak dini.

       Membatasi anak menggunakan tekhnologi terutama media sosial bisa menjadi salah  satu alternatif agar anak tidak terjerumus kepada hal yang negatif. Biasakan menggunakan media sosial untuk hal yang penting saja. Karna kebanyakan orang tua sekarang malah meyuruh anaknya untuk tau segalanya tentang media sosial sehingga orang tua lupa untuk mengajarkan kepada anaknya bagaimana bersikap dan berakhlak yang baik terhadap orang lain dan lupa mengajarkan tentang agama. Akibatnya banyak anak muda jaman sekarang yang melawan dan tidak sopan kepada orang lain terutama kepada orang tua.
 
       Dalam menggunakan media sosial seorang muslim harus tetap menjaga akhlaknya. Dan menggunakannya untuk kebaikan agar mendapatkan banyak manfaat dan pahala. Media sosial akan menjadi baik jika digunakan oleh orang yang berakhlak baik. Namun dapat menjadi buruk jika digunakan oleh orang yang buruk. Sehingga  kita harus lebih bijak dalam mengikuti kemajuan di era modern seperti sekarang,agar kita tidak terjerumus kedalam keburukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar