Rabu, 20 Desember 2017

KEUTAMAAN TASAWUF DALAM PENDIDIKAN



NAMA : IMROATUS SHOLIHAH
PRODI : PERBANKAN SYARI’AH
KELAS : B

KEUTAMAAN TASAWUF DALAM PENDIDIKAN

Dimana peran tasawuf dalam pendidikan itu sangatlah penting. Karena didalam pendidikan itu kita bisa tau segala hal yang belum kita ketahui. Dengan cara kita bisa tau hal yang baik dan hal yang buruk. Dan disana kita bisa belajar bagaimana menjadi sosok yang lebih baik dengan cara mendekatkan diri kepada Allah dengan cara kita belajar dan mengikuti aturan-aturan syari’ah. Seperti melakukan kebaikan dan menghormati guru dan juga sesama teman.
Dimana didalam tasawuf itu sendiri, kita diajarkan menjadi pribadi yang lebih baik. Karena didalam pendidikan tasawuf sangatlah penting dimana tasawuf itu sendiri memiliki makna membersihkan diri, suci, dan perbaikan diri. Sedangkan pendidikan adalah pembelajaran, pengetahuan, dan keterampilan. Dimana tasawuf dalam pendidikan itu saling berkaitan.
Seorang pendidik harus belajar bagaimana caranya kita mampu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Yaitu dengan cara memperbaiki dirinya melalui pendidikan.  Karena pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang diperlukan untuk menjalani kehidupannya yang lebih baik dan bahkan sejak Allah SWT. menciptakan alam semesta.
Konsep pendidikan telah ada dalam Al-Qur’an dimana Allah SWT. Merupakan pendidik dan guru terbaik bagi seluruh murid-muridnya. Oleh sebab itu, penidikan merupakan salah satu bentuk jalan bertasawuf. Adapun dalam berbagai aktifitas dalam proses pembelajaran yang terpenting guru dan murid sama-sama saling berproses. Karena dimulai dengan adanya seorang guru yang benar-benar berkompeten dan seorang murid yang bersungguh-sungguh dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan melalui pendidikan.
 Orang yang berakhlak karena ketakwaan kepada Tuhan semata-mata, maka dapat menghasilkan kebahagiaan, antara lain :
a)      Akan disenangi orang dalam pergaulan
b)      Menjadikan orang yang lebih baik
c)      Akan dapat terpelihara dari hukuman yang sifatnya manusiawi
d)     Mendapatkan pertolongan dan kemudahan dalam memperoleh keluhuran
Didalam pendidikan bukan sekedar memberi tahu mana yang baik dan mana yang buruk, melainkan juga mempengaruhi dan mendorong kita supaya membentuk hidup yang suci. Penididikan sebagai aktifitas akal manusia yang merupakan salah satu industri yang berkembang didalam masyarakat. Oleh karena itu, ilmu tentang akhlak sangat penting dalam membina manusia dalam pendidikan untuk menciptakan akhlak yang baik dalam dirinya karena sangat diperlukan agar hidupnya tidak terpengaruh dalam pergaulan yang sesuai akhlak yang mulia.
Dengan kesimpulan diatas tasawuf dalam pendidikan itu sangatlah penting karena suatu ilmu yang sangat penting dimiliki manusia karena dengan ilmu tasawuf jiwa kita lebih tenang dan damai. Hakikatnya ilmu tasawuf adalah pembinaan jiwa kerohanian sehingga berhubungan dengan Allah sedekat mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar