Rabu, 20 Desember 2017

Indahnya Hidup Jika Tahu Rahasianya (Allah SWT).



NAMA            : ALFI NUR LAILATUL HOMISAH
KELAS           : PBS
Kelas              : B
INDAHNYA HIDUP JIKA TAHU RAHASIANYA(ALLAH SWT).
Rosulullah Saw. Bersabdayang artinya:”Awal agama adalah mengenal Allah Swt. Oleh karena itu untuk bisa ma’rifat kepada Allah Swt. Maka diberikannya ilmu kepada manusia yang ada didunia ini.”Sesungguhnya semua ilmu yang ada pada manusia adalah ilmu Allah Swt. sedangkan pada hakikatnya manusia itu adalah kosong tidak ada apa-apanya.Manusia Sebenarnyatidak berhak atas sesuatu,hanya Allah SWT. Yang punya, bagaimana manusia mengaku“Ini hak aku”atau”itu hak aku”sedangkan dirisendirinyapun bukan hak dia,tetapi hak Allah Swt.Adapun ilmu Allah Swt. Terbagi atas tiga bagian yaitu:Ilmu kalam,Ilmu ghaib,Ilmu syahadah.
  1. ILMU KALAM
Adapun ilmu kalam ini adalah suatu ilmu yang dapat dipelajari oleh manusia dengan manusia biasa dengan tujuan untuk memahami sesuatu di alam semesta kita ini,ilmu ini dapat di pahami dan diterima oleh pancaindera kita. Ilmu kalam biasanya membicarakan dan mengajarkan manusia tentang sesuatu yang dzahir semata-mata yang bisa diterima oleh daya pemikiran manusia saja.Dan ilmu ini bisa dipelajari disekolah baik formal maupun informal. Intinya pemahaman terhadap ilmu ini adalah dengan apa yang dilihat,didengar,dirasaoleh pancainderanya hanya sebatas itu saja.
  1. ILMU GHAIB
Ilmu ghaib adalah ilmu yang dapat menjelaskan sesuatu yang tidak diterangkan oleh ilmu kalam,ilmu ghaib ini merupakan suatu ilmu pengetahuan yang luas sekali sehingga tidak bisa dicapai oleh daya pikir manusia. Pemegang ilmu ghaib ini terdiri dari dua golongan manusia,pertama adalah mereka yang dipilih sendiri oleh Allah Swt. Mereka yang menemui jalan hakekat kepada Allah Swt. Dengan cara berguru dan berguru.Tingkatan ilmu ghaib yaitu dapat menembus tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi serta apa saja yang ada diantara keduanya. Untuk bisa mendapatkan ilmu ini,maka sucikan jiwa raganya terlebih dahulu sebagaimana firman Allah dalam Al-qur’an surahAt-Taghabun ayat 11 yang artinya “Makin suci hati seseorang kepada Allah Swt.maka semakin tinggilah tingkat penerimaan ilmu ghaib ini”.
  1. ILMU SYAHADAH
Ilmu syahadah adalah suatu ilmu yang paling tinggi didalam mempelajari ilmu-ilmu Allah Swt. Yang bisa dikuasai oleh manusia. Inilah martabat ilmu tertinggi.ilmu ini adalah suatu ilmu ma’rifat dan syahadah secara sebenar-benarnya kepada Allah Swt.Hanya orang-orang yang mencapai martabat ilmu ghaib yang paling tinggi saja yang dapat menguasai ilmu syahadah ini.
Jika ilmu kalam diajar oleh guru dzahir dan ilmu ghaib diajar oleh guru ghaib maka ilmu syahadah hanya boleh diajar oleh guru batin saja yaitu diri batin kita sendiri  yang telah mencapai makrifat kepada Allah Swt.dengan lain perkataan bahwa Tuhan sajalah yang boleh mengajar diri kita akan rahasia ilmu ini dan ilmu ini hanya bisa dicapai oleh para Rosul,Nabi dan Wali-wali Allah Swtyang teragung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar