Rabu, 20 Desember 2017

PENGARUH MEDIA SOSIAL BAGI PELAJAR



Nama                          : R.A. KRISTINA YULIA LESTARI
Podi                             : PERBANKAN SYARI’AH
Kelas                          : B
                                                                                                                             
PENGARUH MEDIA SOSIAL BAGI PELAJAR
            Seiring dengan perkembangan zaman,kemajuan tekhnologi dan informasi  sangat diperlukan. Kemudahan dalam mengakses informasi begitu penting. Dengan hadirnya internet di zaman sekarang yang sering digunakan oleh pelajar saat ini,terutama media sosial. Karena dengan menggunakan media sosial,dan internet pelajar dapat dengan mudah berkomunikasi jarak jauh maupun jarak yang dekat tanpa harus bertatap muka atau bertemu. Sekarang ini tidak sedikit para remaja dan anak-anak di bawah umur memiliki akun media sosial seperti Facebook,Twitter,Instagram,dan macam-macam merk smart phone yang lebih canggih,dari harga yang murah hingga harga yang paling mahal. Media sosial bagi para pelajar merupakan hal yang penting,bukan hanya sebagai tempat memperoleh informasi tetapi juga sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi para penggunanya. Besarnya dampak yang diberikan bukan hanya dampak positif,tetapi juga dampak negatif kepada manusia atau penggunanaya. Adanya media sosial sedikit demi sedikit akan membawa kita pada pola budaya yang baru dan pola pikir kita yang baru. Media sosial dapat membuat kita sebagai seorang pelajar,menjadi ketergantungan terhadap media sosial.
            Pengaruh media sosial bagi pelajar adalah penggunaan tekhnologi dengan fitur yang canggih yang memadai sangat sulit sekali untuk dipisahkan dari kehidupan para pelajar. Contohnya penggunaan BBM dan Whatshapp{WA} menjadi alat komunikasi sebagai pengganti SMS saat ini dengan fitur yang sangat canggih didalamnya yang dapat mengirim pesan,suara,gambar dan file lagu yang membuat aplikasi ini disukai oleh para pelajar.
1.      Dampak positif media sosial bagi para pelajar
·        Sebagai media penyebaran informasi
·        Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial
·        Memperluas jaringan pertemanan

2.      Dampak negatif media sosial bagi para pelajar
·        Kecanduan situs jejaring sosial
·        Dapat merusak fisik bagi si penggunanya
·        Kejahatan dunia maya
·        Membuat waktu terbuang sia-sia
·        Ibadah dilupakan

Manfaat yang diperoleh adalah diharapkan bagi para pelajar agar menggunakan media sosial dengan baik dan benar. Dan mengembangkan wawasan yang diperolehnya.

Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini media sosial sudah menjadi faktor utama bagi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama manusia. Khususnya bagi kaum remaja saat ini. Di tambah lagi dengan munculnya smarth phone yang canggih memberikan kemudahan bagi si pengguna itu sendiri. Namun juga sering kali media sosial adalah hal terbesar yang membuat takut bagi sebagian remaja. Penyalahgunaan itulah yang membuat takut dalam kehidupan khususnya bagi para remaja. Namun, bagaimana pun juga media sosial pasti ada dampak  positif dan negatifnya,tergantung bagaimana kita selaku pelajar memaknai penggunaan media sosial. Peran orang tua dan guru sangat penting untuk membantu kita sebagai remaja agar bisa membatasi diri dari jangkauan media sosial.

Saran dari saya adalah:

·        Diharapkan setelah membaca karya yang saya tulis, para remaja mampu mengerti pengaruh dari media sosial
·        Para remaja bisa menggunakan yang seharusnya digunakan dan tidak digunakan
·        Para remaja mampu membatasi diri dalam menggunakan media sosial


Tidak ada komentar:

Posting Komentar